Sulit buang air besar?
Buat yang ga pernah mengalaminya..bersyukurlah..
Buat yang pernah/masih mengalaminya..mungkin post kali ini bisa membantu..

Waktu kecil, gue pikir itu adalah hal yang normal dimana gue bisa sampe seminggu ga ke wc buat buang air besar.
Lama2..perut terasa ga enak..mules2..
Dan ngeliat adik gue yang *dengan bahagianya* tiap pagi pasti sukses 'nyetor', tentu saja gue was2..
Menimbun racun juga kalo dipikir2..

Dimulailah perjalanan gue dari situ..

Semua dokter yang pernah gue kunjungi selalu bertanya hal yang sama pertama2nya:
"Intensitas olahraga nya seberapa sering? Makan buah2an sama sayur2an ga?"
Itu dech dua hal yang selalu ditanyain sama dokter2..

Dan jawaban nya adalah:
"Dok..saya olahraga seminggu bisa 2x, kadang lebih. Saya maen badminton sama voli. Buah..saya suka..tapi saya emank ga suka pepaya dok..paling pisang sama buah2 laen..sayur..saya pecinta sayur"

Nahh berikut bermacam2 analisa yang bisa ditarik dari pengalaman2 gue:
Sudah cukup banyak kah Anda minum air putih?
Kalo kurang air, buntu2nya malah sakit pas buang air besar nya..Jadi keras *begitulah kurang lebih kata Pak Dokter duluu*

Gmana dengan konsumi buah2an dan sayur2an?
Konsumsi buah dan sayur idealnya seimbang juga dengan asupan makanan yang masuk ke tubuh. Jangan cuman makan buah n sayuran aja hehe
Buah yang konon paling nolong itu : pepaya n pisang..

Apakah Anda berolahraga?
Dengan segala rutinitas *apalagi buat yang udah di kantor*, biasanya jadi terbengkalai kegiatan olahraga nya;p
Olahraga nya juga jangan diforsir..Pelan2 aja...

Kalo bisa sich jauhin obat pencahar perut..
Nanti lama2 perut jadi terbiasa dengan stimulan itu..dan ga bisa bekerja sendiri tanpa obat..
Mending coba something yang lebih tradisional kali yach..
Temulawak..ato bisa ke dokter China (sinshe)

Eniwei, kalo mau tau lengkap nya cerita lengkap gue..hehe monggo di bawah ini ceritanya..
Kalo ga..di skip aja;p

Berikut cuplikan komen dari dokter, anjuran dan hasil nya:
Standard saran dokter : "Coba makan pepaya"
Hasil : *at least buat gue* cukup membantu sich..yang kadang bisa sampe seminggu gue ga ke wc, sejak makan pepaya..paling ga 3-4 hari max..

Pendapat dokter: gue kurang banyak olahraga
*tetep keukeh dia padahal nyokap gue dah sampe mencak2 'anak saya dah kebanyakan olahraga dok...kecapean dia nantiii'
Gue sich dengan senank hati memperbanyak aktifitas olahraga gue hhuahahaa *dulu nyokap gue ga gitu setuju gue ikut excul2 di skul gituu*
Hasil : no effect!!!!

Pendapat dokter: usus gue males..trus bakteri di usus gue ga melakukan pekerjaan dengan baik...
Pengobatan : Gue dikasih minum obat yang konon katanya mengandung bakteri2 yang dibutuhkan oleh usus...
Hasil : begitu gue dah 2 hari ga bisa ke wc..gue minum tuh obat..dan besokan nya langsung ke wc..tapi ga sampe menci2 gituu..

Pernah gue dikasih dulcolax..*sering dech*
Hasil : ke wc setelah 7 jam abis gue minum tuh obat..tapi menci2..dan abis itu perut ga enak..mules2 gitu..inti kata : tak baik buat kesehatan!!!

Sempet dikira wasir juga..Tapi ternyata kaga;p

Lepas dari dokter2 ituu..ada beberapa juga pengobatan alternatif yang pernah gue lakukan:
1. Ke Sinshe (dokter China).
Di sana, gue dikasih obat godok gitu..
Yang kalo mencium bau nya...errrr puahittt plus pekat...
Tapiii itu menolong sekaliiiiiiii....
Gue minum obat godok sehari 2x, selama 2 bulan..
Lepas 2 bualn itu...sampe skr..gue dah cukup lancar ke wc nya..
Paling lama skr 2 hari dech...

2. Temulawak
Ini jaman sebelum gue ke sinshe..
Dann hhmm ini kayak stimulan gitu dech buat gue..
Gue minum malem harii..*btw ini digodok dari temulawak asli..ga pake yang bubuk2 gituu*
trus besok pagi nya langsung ke wc..tapi ga menci2 gituu...
Labels: 22 notes | |
For those of you out there who's interested in the development of technology,
check out this blog..

The writer of the blog attempts to provide some insight of the development of mobile technology around the world (with focusing in Japan, where he currently lives)..
It's a rather new blog..
Looking forward to see more content in the blog..
Labels: 0 notes | |