Ada sebuah desa yang tidak ada jam nya.
Cara dia mengetahui waktu itu adalah dengan membakar sumbu tali.
Satu sumbu tali itu habis dalam waktu 1 jam.
Nah gimana cara orang2 di desa itu bisa tau '1 jam 15 menit' dengan tepat.
Dengan catatan sumbu tali itu ga boleh dilipat, digunting ato diapa2in..

Solution:
Ambil satu sumbu..kita bakar dari dua sisi nya berbarengan.
Begitu sumbu itu habis terbakar, waktu sudah berlalu 30 menit.

Nah setelah itu..kita ambil 2 sumbu, kita kasih nama A dan B.
Yang A kita bakar dari satu sisi..
Yang B lagi kita bakar dari dua sisi.

Pas B dah abis, waktu sudah berlalu 30 menit lagi kan.
Nah pas B abis, A masih tersisa 1/2..
A kita bakar lagi dari 2 sisi.
Pas A abis, waktu udah bertambah 15 menit dech..

Berarti, 30 menit + 30 menit + 15 menit = 75 menit..
Voila..:)

*Thanx to Liem hehe*
|
12 Responses
  1. dee Says:

    [ngasal mode on]
    Cari turis ato pendatang yang bawa jam. Terus pake deh jamnya buat ngukur waktunya.
    [ngasal mode off]

    :D


  2. Pauline Says:

    [ngarang...]
    Tiap 1 jam kan abis, nah tinggal diitung seperempat dari sumbu itu kan kalo sisanya tinggal 3/4 berarti itu 15 menit..
    [Waduh...]


  3. -LiSiaNi- Says:

    dee: hahaha gue pertama juga jawab model2 gituu

    pao2: hehe gmana kita tau nya pao kalo itu 1/4..kira2 gitu donk hhmm..


  4. hengky Says:

    gmana kita tau nya pao kalo itu 1/4..kira2 gitu donk
    tidak punya jam bukan berarti tidak punya penggaris!! haha.. betul?

    atau telp 103

    betul..?
    *harap2*


  5. ak Says:

    Sebenarnya gw dah tau jawabannya tp bingung nulisnya... Sumbu yang masih utuh disandingkan dengan sumbu yang sudah terbakar. Nah sumbu yang sudah terbakar itu kemudian 'diputar' (duh susah kan bahasanya). Terus kalau sumbu itu diputar 4x maka kita tau kalau itu dah maju 15 menit.


  6. -LiSiaNi- Says:

    hengky: Hehe harap2 cemas yach;p sayang nya bukann hengk..

    ak: hahaha iya sichh gue juga bingung k baca nya;p tapi mungkin sama kali yach sama yang gue dapet jawaban nya.


  7. hengky Says:

    hmm.. tebakan gue agak jauh ya? :( ngapain aja 17? ikutan lomba di RT? :D


  8. -LiSiaNi- Says:

    ;p hehe gue 17an mestinya mo voli bareng ade2 kelas pas smu, tapi batal karena lapangan dipake^^"
    alhasil..hhmm malah nonton di bioskop *warga negara macam apa ini* hahahah loe sendiri? Dapet apa aja pas panjat pinang *loh* hihi


  9. hengky Says:

    eh, suka voli juga!? hehe..
    nonton apaan lis? macet dimana-mana, gue rasa presiden juga paling nonton tv di rumah :p
    panjat pinang? tadinya gue ngejar radio, tapi susah dapetnya, jadi cuma ngambil kaos satu biji bertuliskan "i'm cool" :(


  10. -LiSiaNi- Says:

    yuppe:) Gue demen banget maen voli n badminton hehe loe juga toh hengk?

    Kemaren ini gue nonton "thumbsucker". Satu bioskop cuman ber8 hahaha
    Pak pres masa nonton tv di rumah..ada juga beliau yang jadi tontonan orang seIndonesia;p

    Wahhh ada radio? Hadiah paling "wah" nya apa tuh hengk? Hehe kaos gpp atuu..kan kaos itu salah satu ajang promosi yang baik *lah apa coba*


  11. Dennis Says:

    darn, pemecahannya really clever deh. kagum gw cha. lu menyelesaikannya sendiriankah?


  12. -LiSiaNi- Says:

    *uhuk uhuk*
    sayang nya gue juga dikasih tau orang den *malu* hhihihi